-->

Tutorial Desain Kartu nama Menggunakan Adobe Illustrator

Hai teman sinau kali ini admin mau membagikan tutorial desain kartu nama menggunakan adobe illustrator, kita akan belajar membuat desain kartu nama yang simpel dan elegan menggunakan aplikasi adobe illustrator, kamu juga bisa membuat desain kartu nama dengan menggunakan aplikasi lainnya, seperti photoshop, coreldraw, dan aplikasi desain lain, tapi di tutorial ini admin membuatnya menggunakan adobe illustrator, yuk kita mulai.

1. Yang pertama sekali teman teman buka aplikasi adobe ilustrator terlebih dahulu, setelah terbuka langsung buat ukuran artboard, silahkan teman teman buat sesuka hati ukurannya jika teman teman menggunakan illustrator versi cc, atau teman teman bisa membuat ukuran artboard 200 mm x 200 mm.


Gambar di atas adalah saat pertama kali kita membuat artboard pada Aplikasi AI
2. Setelah dibuat akan muncul lembar kerja, yang nantinya kita akan bekerja di dalam artbords tersebut, di sebelah kiri terdapat Tool alat yang akan kita pakai untuk membuat desain kartu nama nantinya. selanjutnya didalam Tool klik bagian Rectangle Tool (M) , dan seret kursor membentuk kotak di dalam artboard atau diluar artboard, tidak masalah.


Gambar di atas saya buat di luar lembar artboard karna, pada dasarnya kita bisa membuat desain dimanapun selama itu berada di dalam lembar kerja AI, dan nantinya kita bisa mengaturnya di dalam artboard.

3. setelah membentuk kotak putih seperti gambar di atas klik pada bagian Transform letaknya untuk AI versi CC berada di atas seperi gambar di bawah ini.



Ganti ukuran rectangle seperti gambar di atas  width ( panjang ) 90 mm dan Height ( tinggi ) 55 mm, secara otomatis ukuran reactangle akan langsung berubah.

4. mulai mendesain dengan menggunakan pen tool (P) silahkan cari di bagian kiri, buat garis seperti membelah gambar yang tadi kita buat sebelumnya dengan cara klik dibagian yang di inginkan dan tarik membentuk pola, contohnya seperti gambar di bawah ini.


5. Masih dengan tool yang sama yaitu Pen Tool (P) buat pola persegi panjang dengan cara yang sama klik sekali dan tarik sesuai pola seperi gambar di bawah ini.


dalam gambar di atas warna biru itu terdapat 2 pola pola pertama persegi panjang dengan ujung setengah segitiga pola kedua adalah segitiga kecil dengan warna lebih ke biru gelap dengan kesan seolah seperti lipatan.sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya silahkan kunjungi situs penyedia icon yang nantinya akan kita pakai download icon sesuai seperi pada gambar di bawah ini :  download icon


Pilihkan icon SVG karna nantinya icon ini dapat diedit di AI, setelah itu buka semua icon yang sudah di download tadi dan jadikan 1 di lembar kerja kartu nama, caranya klik icon dan seret ke lembar kerja,

6. Selanjutnya buatlah Rectangle kecil jumlahnya sama dengan jumlah icon tadi , agar ukuran dan bentuknya sama caranya cukup buat 1 ractangle kemudian Copy Pastekan saja sesuai jumlah yang di inginkan. dan letakkan icon di tengah rectangle yang telah dibuat seperti pada gambar di bawah ini.


7. warna biru adalah rectangle yang tadi kita buat, permasalahannya sudah buat tapi malah ketutup iconnya, nah lembar kerja layer berada di sebelah kanan, bagaimana cara kita merubahnya jika layer tertutup layer lain, dengan cara klik kanan pada icon / layer => arrange => Bring to Front, layerpun akan berpindah keatas.


8. Langkah selanjutnya susun icon tadi gabungkan dengan lembar kartu nama yang tadi sebelumnya sudah kita buat , susun dengan urutan keatas dan berikan tulisan dengan cara klik Type Tool (T) , dan susun tulisan seperti pada contoh berikut ini.





9. Selanjutnya berikan logo serta tagline di lembar yang kosong di sebelah kiri serta buatlah barcode, dengan mengunjungi website pembuat barcode, tulislah apa yang ingin dibuat menjadi barcode semisal website kamu, 
dan nantinya jadinya akan seperti ini.



10. selanjutnya buat rectangle lagi dengan ukuran 90 mm x 55 mm , kita akan membuat desain bagian belakang kartu nama, setelah dibuat berarti kita memiliki lembar putih kosong lagi. tarik logo atau masukkan logo ke dalam lembar putih tadi, kemudian dengan menggunakan rectangle buat 3 garis kecil kecil panjang dan letakkan dibagian paling bawah dan potong menggunakan devide ( pathfinder ) seperti gambar di bawah ini.




untuk cara memotong dengan devide nanti admin akan buat kan tutorial khusus ya.

11. sepertinya sampai sini sudah selesai , langkah terakhir klik bagian layer rectangle kartu nama yang warna putih lalu klik Effect =>Crop Marks  seperti gambar di bawah ini.

gunanya apa sih min Crop Marks itu , gunanya sebagai garis potong jika nanti di print , tidak usah lagi bingung mencari tanda potong atau takut jika potongannya tidak lurus, karna sudah ada tanda potongnya.

12. Sepertinya sudah finish ya hasilnya final di bawah ini.


13. Nah kartu nama sekarang sudah jadi , tinggal bawa ke percetakan dan di cetak deh, simpan dalam bentuk pdf saja agar dapat di buka di semua aplikasi vector,  Semoga dengan tutorial desain kartu nama menggunakan adobe illustrator ini admin berharap teman teman yang belum bisa membuat desain kartu nama bisa terbantu, jika teman teman mau mentahan desainnya boleh kok, silahkan di unduh di bawah ini ya.


0 Menanggapi "Tutorial Desain Kartu nama Menggunakan Adobe Illustrator"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel