-->

Merubah Warna Objek Atau Gambar Menggunakan Photoshop

Pernah tidak kepikiran untuk merubah warna di foto atau di gambar? pasti pernah dong ya, di tutorial kali ini sinau desain pengen ngasih tau caranya mengganti warna pada gambar atau foto menggunakan photoshop. Untuk mengganti warna pada gambar menggunakan photoshop bisa dibilang tidak terlalu sulit dan di sini kita akan belajar 2 metode.
Langsung menggunakan Replace Color dan menggunakan bantuan Quick Selection Tool atau Poligonal Lasso Tool.
Pertama kita akan membahas metode yang pertama terlebih dulu yaitu menggunakan metode replace color ini secara langsung, , sebelumnya saya jelaskan dulu letak replace color ini. Replace color terletak di menu Image ->Adjustments->Replace Color. lalu bagaimana cara penggunaannya , pertama jelas siapkan dulu Image yang ingin dirubah warnanya, kali ini kita contohkan kita akan merubah warna cat tembok seperti ini.

Tembok ini warnanya seperti hijau ya anggap lah ini hijau tosca tua, lalu kita mau rubah warnanya, silahkan buka tool Replace color nya Image ->Adjustments->Replace Color. Tampilannya seperti gambar di atas sebelah kanan terdapat beberapa menu yang pertama:
Fuzziness : adalah jangkauan warna yang ingin di rubah semakin besar semakin banyak pula jangkauan warna yang akan berubah, lalu di bagian atas itu seperti pipet, itu Eyedropper Tool
Eyedropper Tool :  itu sebagai penanda atau seperti cursor untuk memilih bagian warna mana yang akan di rubah, lalu di bawah ada Hue, Saturation, sama Lightness , fungsinya itu nanti sebagai perubah warna, kalian bisa menggeser sampai menemukan warna yang tepat, atau bisa klik kotak warna di sebelahkan dan memilih warna yang berada di Color Picker, nanti di coba saja.
Oke pertama kita turunkan dulu menjadi 102, dan kita klik bagian tembok, bagian yang terpilih akan berwarna putih dan sisanya akan berwarna hitam ( dalam mode selection ) , seperti pada contoh gambar di sebelah kanan. Selanjutnya kita akan naikkan Hue di angka 39. secara otomatis jika kita menaikkan Hue, Saturation dan Lightness, secara perlahan warna juga berubah. jadinya seperti ini.

Dengan menaikkan Hue sampai 39 Kita dapat warna biru yeee. Kira kira seperti itu jika kita menggunakan metode pertama yaitu langsung menggunakan Replace Color tanpa bantuan Quick Selection Tool atau Poligonal Lasso Tool.
Lalu apa ada kelemahannya, ada, kelemahannya kita tidak bisa memilih dan memilah warna yang akan kita edit, seperti misal kita mau mengedit warna merah pada kursi namun di objek itu juga terdapat warna merah yang digunakan oleh bunga, maka kita tidak bisa langsung menggunakan Replace Color, jika kita menggunakannya warna merah pada bunga pun bisa ikut berubah. lalu caranya merubah 1 obyek saja bagaimana, bisa menggunakan metode yang ke 2 yaitu menggunakan bantuan Quick Selection Tool atau Poligonal Lasso Tool.
Oke mari kita coba, coba perhatikan gambar di bawah ini terlebih dulu.

Nah di gambar ini terdapat banyak warna merah, mulai dari tembok karpet bantal dan dekorasi, sekarang kita akan mencoba merubah warna temboknya dan warna karpetnya, langkah yang pertama kita akan blok dulu warna yang di ganti menggunakan Poligonal Lasso Tool, Jadinya akan seperti gambar di bawah ini.

Saya memblok dahulu bagian temboknya dan saya beri warna ungu, lalu saya klik OK, selanjutnya saya blok bagian karpet dan saya beri warna sesuai bantal biru muda.  Sedikit lebih lama karna kita harus menyeleksi terlebih dulu bagian bagian yang ingin di ganti warnanya, tapi kelebihannya warna jadi lebih detail dan bisa kita rubah sesuai selera. demikian tutorial Merubah Warna Objek Atau Gambar Menggunakan Photoshop, langsung di praktekkan ya, semoga bermanfaat.

0 Menanggapi "Merubah Warna Objek Atau Gambar Menggunakan Photoshop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel