-->

Mudahnya Belajar Desain Grafis Untuk Pemula dalam Waktu Singkat



Mudahnya Belajar Desain Grafis Untuk Pemula dalam Waktu Singkat.

Sebagai seorang pemula, menjalani sebuah pembelajaran memang terkadang terasa berat. Namun tidak sedikit yang merasa bersemangat terhadap ilmu baru dan pengalaman baru yang akan didapatkan. Nah rasa semacam itu sudah sewajarnya anda pertahankan dan jika perlu lebih ditingkatkan. Tidak ada ruginya orang yang mempunyai banyak ilmu kok sobat.

Zaman yang serba modern ini, dunia desain memang semakin marak dan merambah ke berbagai bidang. Dari mulai kantor pemerintahan sampai dengan kantor swasta semua butuh yang namanya desain. Sebagai generasi milenials, ada baiknya anda mulai belajar dunia desain yang bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan tambahan.

Banyak orang yang membutuhkan berbagai desain sebagai upaya perkenalan produk mereka atau pun menunjukkan brand name produk mereka. Misalnya saja dalam pembuatan logo, logo merupakan satu hal yang amat penting bagi suatu instansi. Tidak perlu khawatir sobat untuk memulai terjun di dunia desain, sekarang sudah banyak aplikasi penunjang yang bisa membantu anda dalam belajar desain. Belajar desain pun bisa anda lakukan secara otodidak tanpa harus ikut kursus sana – sini. Tutorialnya pun banyak tersedia di google atau youtube.

Software Aplikasi Desain Grafis yang Direkomendasi Untuk Anda.
Saat ini untuk memulai belajar desain grafis tidak sesulit yang ada dalam bayangan anda sobat. Sudah banyak aplikasi yang bisa anda gunakan dalam proses pembelajaran. Dari mulai aplikasi yang menyediakan spesifikasi standar sampai dengan aplikasi yang menawarkan teknologi tinggi. Itu pun bisa anda dapatkan secara gratis dengan sangat mudah. Seperti halnya aplikasi Photoshop yang mampu melakukan berbagai jenis pekerjaan desain bagi pemula atau pun seorang expert dan profesional. Di bawah ini akan coba penulis bahas apa saja sebenarnya aplikasi desain yang cocok anda gunakan sebagai pemula :

1.   
Adobe Photoshop.

Ini dia aplikasi paling populer dan banyak digunakan di kalangan pendesain pada umumnya. Biasanya saat anda membeli laptop baru, pasti akan ditawarkan aplikasi apa saja yang anda inginkan untuk di instal di laptop baru anda tersebut. Nah disini anda berkesempatan untuk meminta aplikasi apa saja yang dibutuhkan agar bisa dibantu proses penginstalannya. Namun bagi anda yang belum mempunyai aplikasi Photoshop jangan khawatir, karena di internet banyak tersedia software Photoshop tinggal unduh saja mana versi yang anda inginkan.

Perlu anda ketahui sobat, aplikasi ini banyak menghasilkan karya luar biasa berkat tangan – tangan terampil para desainer profesional. Contohnya saja dalam menggambar 3 D, mendesain tampilan dari program tertentu (user interface), membangun rancangan tampilan website, manipulasi foto, mengganti background, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi satu ini. 

Meski software yang satu ini sebenarnya merupakan aplikasi berbayar, namun di masyarakat kita banyak ditemukan versi bajakannya sobat. Jadi kondisi ini sangat menguntungkan bagi kita semua. Jika tujuannya hanya untuk belajar saja mungkin pihak dari Adobe Photoshop akan memberikan maaf ya sobat buat kita semua yang menggunakan versi bajakannya.

Ada juga alternatif lainnya yang bisa anda gunakan secara gratis jika tidak ingin menggunakan Adobe Photoshop versi bajakannya, antara lain sebagai berikut :

Gimp
Software keren ini dulunya populer di kalangan para pengguna Linux. Hal ini dikarenakan sifat dari Gimp adalah open source dan juga gratis. Anda tidak perlu khawatir, bagi anda pengguna Mac OSX atau pun Windows juga bisa ikut menikmatinya.

Krita
Krita di telinga masyarakat memang masih asing karena kalah populer dengan Gimp. Namun ternyata dari segi tampilan program yang digunakan hampir mirip dengan Adobe Ilustrator dan Adobe Photoshop CC. Fungsi yang ditawarkan juga mumpuni bagi pemula seperti anda. Bisa difokuskan hanya untuk menggambar atau pun mengedit foto.

2.   
Adobe Ilustrator
Berbeda dengan Adobe Photoshop yang banyak digunakan untuk memanipulasi gambar, Adobe Ilustrator banyak digunakan untuk mendesain vektor. Nah inilah aplikasi yang banyak digunakan untuk mendesain berbagai keperluan komersil seperti pembuatan logo, pembuatan karakter yang berhubungan dengan animasi, dan hal – hal yang berhubungan dengan ilustrator. Banyak animator yang menggunakannya untuk menciptakan tokoh di komik atau pun tokoh kartun digital.

Desain sebuah ruangan juga bisa anda lakukan dengan memanfaatkan Adobe Ilustrator yang dikombinasikan dengan Adobe photoshop. Awalnya anda membuat berbagai shape yang dibutuhkan terlebih dahulu sampai terbentuk sebuah desain dengan menggunakan Adobe Ilustrator, kemudian anda maksimalkan pewarnaan dan efek visualnya dengan menggunakan Adobe Photoshop sehingga akan tampak lebih nyata dan menarik. Tidak sedikit arsitek juga menggunakan cara ini sobat.

3.   
Corel Draw
Pilihan selanjutnya ini juga tidak kalah menariknya sobat. Anda bisa menggunakan untuk mendesain vektor layaknya aplikasi Adobe Ilustrator. Anda bisa membuat brosur, selebaran, poster, sketsa foto, kalender dan masih banyak lagi. Jiwa seni anda akan terlihat saat anda mulai bisa berkreasi dengan menuangkan ide pada lembar kerja.

Menariknya lagi, corel draw juga menyediakan template khusus dengan tujuan untuk memudahkan para penggunanya membuat desain sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu mengembangkan template yang sudah disediakan saja. Template ini nantinya akan menjadi lebih menarik jika anda mampu berkreasi sekreatif mungkin.

Tahukah Anda Perbedaan Antara Desain Vektor dan Desain Raster?
Untuk membedakan desain antara keduanya tidak sulit kok sobat, karena dari segi fisiknya saja anda sudah bisa mengetahuinya dengan baik. Agar lebih jelas, anda bisa simak ulasan di bawah ini sobat :

Vektor
Penggunaan vektor cocok diaplikasikan untuk membuat desain seperti halnya logo, kartu nama, brosur, poster, elemen yang ada pada halaman website, icon, font, pattern, ilustrasi, info grafik, dan lain sebagainya. Desain menggunakan vektor mempunyai kelebihan saat di zoom (diperbesar) tidak akan terlihat pecah, melainkan akan sama seperti bentuk normalnya.

Raster
Penggunaan raster cocok diaplikasikan untuk memanipulasi sebuah foto atau membuat lukisan digital. Gambar yang dibuat dengan menggunakan raster disusun oleh objek yang biasa disebut dengan nama pixel. Gambar yang dihasilkannya pun tidak akan terlihat pecah – pecah saat di zoom (diperkecil), namun saat gambar di zoom (diperbesar) maka gambar akan terlihat susunan kotak – kotak warna pixel alias pecah – pecah. Nah susunan dari kotak – kotak pixel ini disebut dengan resolusi.


Demikian pembahasan yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai mudahnya belajar desain grafis bagi pemula dalam waktu singkat. Penulis mempunyai harapan yang sangat besar agar sedikit ilmu yang ada ini bisa membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Jangan lupa untuk selalu mengikuti berbagai perkembangan terbaru artikel – artikel selanjutnya ya sobat. Mohon maaaf jika masih banyak kekurangan pada penulisan ini. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih.

0 Menanggapi "Mudahnya Belajar Desain Grafis Untuk Pemula dalam Waktu Singkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel